Wednesday, May 17, 2017

12 Peluang usaha wajib dicoba untuk Mahasiswa

Saat ini banyak mahasiswa yang kesulitan membayar biaya kuliah mereka dikarenakan tingkat perekonomian masyarakat Indonesia masih banyak dibawah standard. Atau sekedar ingin menambah uang jajan yang kurang atau bisa juga menambah pengalaman berwirausaha. Oleh karena itu tidak jarang kita melihat mahasiswa mengerjakan pekerjaan lain selain belajar agar mereka bisa menghidupi dirinya dan membayar uang kuliahnya.
Untuk teman-teman mahasiswa, sebenarnya saya juga dulu begitu. Saya juga berusaha untuk mencari pekerjaan untuk melatih skill saya dalam berwirausaha dan juga menambah uang jajan. Oleh karena itu ada beberapa peluang usaha yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa yang bisa saya sharingkan di sini 

1. Bekerja Secara Online

Bekerja secara online saat ini banyak dilakukan orang. Dan pekerjaanya juga beraneka ragam. Ada yang membuat artikel, membuat Website, ada juga Jasa Optimasi SEO untuk website website. Untuk pekerjaan online seperti ini biasanya membutuhkan skill komputer yang agak lumayan agar bisa bersaing dengan orang lain.

2. Mengajar Les Privat

Jika kamu mempunyai kemampuan matakuliah tertentu bisa jadi peluang untuk berbisnis yaitu mengajar privat matakuliah tersebut. Untuk memulai sangat mudah cukup mem-broadcast informasi bahwa kamu buka jasa les privat melalui social media seperti line dan WhatsApp atau kamu juga menawarkan kepada himpunan mahasiswa sebagai staff pengajar dan melakukan kerjasama untuk membuka les. Biasanya dibuka saat mendekati Hari H ujian dijamin banyak yang ikut.

3. Pulsa Elektrik

Usaha yang satu ini sangat mudah dilakukan dan pangsa pasarnya selalu ada. paling tidak anda bisa menjadikan teman anda sebagai langganan kamu. Tidak perlu mencari orang dari luar kampus kamu.

4. Online Shop

Cara paling mudah untuk mahasiswa berbisnis yaitu menjual barang melalui media sosial. Saat ini banyak sekali penjual-penjual Online. Barang yang dijualpun beraneka ragam. Mulai dari bahan makanan hingga pakaian dan sepatu. Salah satu Peluang usaha untuk mahasiswa ini sedang booming belakangan ini. Mereka terkadang tidak perlu membeli dahulu barang yang mereka jual, atau disebut sebagai affiliasi. 

5. Jasa pengetikan

Jasa pengetikan sangat diminati oleh kalangan mahasiswa yang malas ngerjain tugas. Usaha ini sangat sederhana dan bisa dilakukan dari kosan. Kamu hanya membutuhkan seperangkat komputer atau laptop dan sudah bisa mengerjakan pekerjaan ini.

6. Bisnis Travel Online

Untuk bisnis travel online memang tidak mudah karena harus membutuhkan modal yang cukup besar dan juga jaringan pertemanan untuk mendapatkan harga yang kompetitif. Tapi tetap bisa dilaksanakan kok karena cukup mudah. Kamu bisa kerjasama dengan travel agent lalu ada sistem konsinyasi atau bagi hasil.

7. Usaha Fotografi

Untuk modal bisnis ini memang agak lumayan besar kalau untuk mahasiswa, Akan tetapi keuntunganya juga lumayan. Sebandinglah dengan modal yang dikeluarkan. Kamu bisa memulai menjadi fotografer party atau anniversary teman kamu. atau bisa kerjasama dengan teman kamu yang selebgram dalam foto endorse

8. Jasa Penerjemah

Kalau kalian punya kemampuan dalam berbahasa asing bisa nih dijadikan usaha penterjemah. Biasanya jasa ini diminati ketika pihak kampus kedatangan tamu dari luar negeri dan gak ada satupun dari mereka yang ahli dalam bahasa. Kamu bisa menawarkan jasa kamu 

9. Pembuatan Kaos Oblong

Bisnis satu ini membutuhkan skill atau keterampilan yang khusus. Kamu harus belajar dahulu kepada yang sudah bisa menyablon degan baik. Untuk pasarnya kamu bisa tawarkan kepada teman-teman kampus yang aktif dalam organisasi BEM atau Himpunan Mahasiswa Jurusan yang sering mengadakan event yang membutuhkan kaos panitia. Atau bisa juga bagi kamu yang terjun di bisnis distro bisa menawarkan ke teman-teman

10. Jasa Penyewaan Printer

Usaha ini terlihat sederhana tapi untungnya luar biasa. Kamu bisa menawarkan teman-teman kamu yang gak punya print dirumah dan juga teman-teman kamu yang malas untuk nge-print tugas yang banyak. 

11. Jasa Party Planner

Usaha ini sangat booming karena banyak dari mereka yang senang buat party untuk temannya yang ulang tahun. Mereka tidak perlu repot-repot untuk membuat party dengan budget yang besar. Tinggal panggil party planner, kasih tau desain yang ia mau, tentukan budget, tempatnya mau dimana. Party Planner juga membutuhkan biaya yang cukup besar, tinggal bagaimana kamu membuat suatu party dengan budget terbatas tapi dekorasinya kece parah

12. Jasa flower bouquet dan snack bouquet

Musim graduation gak pernah mati karena setiap tahun kampus mengeluarkan fresh graduate yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan. Jasa ini sangat menguntungkan karena setiap tahunnya bahkan setiap bulannya ada aja yang memesan flower bouquet dan juga snack bouquet unuk graduation temannya, sahabatnya, sampai pacarnya. Dibutuhkan skill dalam merangkai bunga dan snack menjadi suatu bouquet yang ciamik.
So, apa kalian berminat untuk membuka usaha dari salah satu peluang di atas?
Sumber: https://www.marketingjoss.com/10-peluang-usaha-untuk-mahasiswa-yang-sangat-mudah-dilakukan/ 

1 comment:

  1. Gg - youtube - Videodl.cc
    Gg is a slot machine that provides an incredible, entertaining and entertaining gambling experience. The casino youtube mp3 boasts over 150 slots with a progressive jackpot

    ReplyDelete