Sunday, January 10, 2016

Integrasikan Aktivitas Offline dan Online

Sebagai perusahaan yang berkecimpung di sektor FMCG (fast moving consumer goods), PT Sayap Mas Utama (Wings Group) hadir untuk menyediakan keperluan rumah tangga, seperti sabun cuci, sabun mandi, kecap, mi instan, minuman ringan, minuman berenergi, dan kopi. Di usianya yang ke 64 tahun, perusahaan ini memiliki pengalaman yang cukup mumpuni dalam menghadapi persaingan dan gempuran dari kompetitor.

Bagaimana corporate image yang diciptakan dan dibangun oleh PT Sayap Mas Utama? Aristo Kristandyo, Group Head of Marketing Communications PT Sayap Mas Utama (Wings Group), menjelaskan bahwa industri FMCG sangat berbeda dari industri yang lain seperti otomotif atau penerbangan. "Industri ini tekanannya sangat luar biasa dibandingkan dengan industri lainnya, sehingga kita harus memberikan nyawa terhadap produk yang ada. Dengan menciptakan karakter terhadap produk, maka produk itu akan berkualitas, dampaknya image perusahaan pun akan terlihat," kata Aristo.

Ada 2 cara yang dilakukan oleh PT Sayap Mas Utama dalam memenangkan image yaitu:

1. Lakukan Brand Activation
  
    Wings Group memilih strategi marketing komunikasi untuk memasarkan produknya per brand, baik terkait promosi, strategi pemasaran, dan media yang digunakan, karena ada beberapa produk yang tidak bisa dipasarkan dengan mengandalkan media yang sama. Sebab itu, dibutuhkan brand activation untuk memasarkan produk-produknya. Menurutnya, pemasar dan pemilik merek sekarang dihadapkan pada situasi harus mengitegrasikan semua aktivasi baik offline maupun online dengan konsumen. Secara online dilakukan melalui aktivasi komunitas lewat media sosial, sedangkan secara offline melalui aktivasi merek.

2. Selalu Menjalin Hubungan Baik

    Dengan menciptakan hubungan baik antara penjual dan produsen, akan berdampak pada terjalinnya pemasaran yng baik pula. Itu yang dilakukan Wings Group. Mereka akan memberikan informasi mengenai produk terbaru, kemudian memberikan promosi khusus secara berkala.
Dalam memberikan informasi dan promosi, Wings pun memisahkan antara pedagang kecil, menengah, dan besar. Setiap pedagang akan diberi batasan dan minimal pembelian produk-produk Wings. Perusahaan juga memberika reward bagi pedagang untuk penjualan.

Sebagai perusahaan FMCG, produk-produk yang dipasarkan Wings hadir ditengah-tengah kompetitor, sehingga selain menciptakan produk berkualitas dan memberikan nyawa, Wings terus menciptakan produk yang disesuaikan dengan keinginan pasar dalam berbagai varian.

Sumber: Majalah Marketing edisi 06/XV/JUNI 2015

No comments:

Post a Comment