Kemaren rabu, dikampus saya diadakan seminar bersama Tokopedia, namanya Tokopedia Meet Up University dengan mengusung tema Empowering Student Entrepreneurship Through The Internet. Hari ini saya mau ngereview tentang acara itu. Jadi, para staff tokopedia menerangkan tentang generasi e-commerce di Indonesia, tipe-tipe e-commerce, tentang Tokopedia, dan tips & trik berjualan melalui Online.
Saya mulai dulu ya dari generasi e-commerce. Di Indonesia sudah banyak yang menggunakan internet apalagi untuk belanja online maupun jualan online. Dan angka pengguna internet dari tahun ke tahun semakin meningkat. sayang banget kan kalau kita gak gunain internet dengan hal-hal yang gak berguna. makanya, mumpung ada internet gunakanlah dengan bijaksana. Untuk kamu yang tertarik jualan online, harus tau dulu tipe-tipe e-commerce. Nanti saya akan mempostnya.
Selain itu, di acara ini kita dikasih liat video tentang sejarah berdirinya Tokopedia. ternyata udah 6 tahun loh di Indonesia. Website e-commerce ini asli Indonesia dan gak kalah deh dengan e-commerce milik luar negeri lainnya. Semua staff di Tokopedia adalah anak muda dari mulai CEO nya sampai anak bawahannya. Terus dikasih liat juga video kantor Tokopedia yang mirip banget dengan kantor Google. Jadi pengen dateng ke kantornya hehehe
Ngomongin Tokopedia gak ada habisnya karena banyak fitur-fitur yang berbeda dengan yang lainnya. Ada apa aja sih?
1. Fitur Rekening Bersama
untuk mencegah penipuan, Tokopedia menyediakan Rekening Bersama. Jadi sistemnya pembeli yang ingin membeli barang harus mentransfer uang ke Rekening Tokopedia dulu, nanti ketika pembeli udah dapat barangnya, baru Tokopedia mentransfer uang si pembeli ke rekening penjual.
2. Notifikasi pemesanan melalui e-mail
Jika kalian penjual di Tokopedia, tiba-tiba barangnya ada yang beli, tenang aja. Tokopedia akan mengkonfirmasi pemesanan melaui e-mail penjual.
3. Terintegrasi dengan semua agen pengiriman barang.
Gak usah takut kalau barangnya gak sampai ke tangan kamu. Kamu bisa lacak kok keberadaan barang kamu melalui resi pengiriman. Di Tokopedia, penjual wajib mencantumkan resi agar pembeli bisa lacak barangnya.
4. Fitur Review
Fitur ini dibuat khusus untuk mereview barang yang sudah dibeli. Pembeli juga wajib lapor ke Tokopedia bahwa barangnya sudah sampai dalam waktu 1x24 jam karena Tokopedia harus mencairkan uang kepada penjual. Jika barang sudah sampai dan lupa lapor dalam waktu 3x24 jam, maka Tokopedia tetap akan mencairkan uang tersebut.
5. Forum Diskusi
Jika ada masalah antara penjual dan pembeli, Tokopedia menyediakan ruang diskusi online untuk menyelesaikan masalahnya. Jika belom ada solusi, maka Staff Tokopedia akan turun tangan untuk membantu.
Untuk tips dan trik berjualan melalui Online, saya akan membuat post terpisah ya, soon! hehehe
Setelah selesai seminar, peserta dibagi berdasarkan nomer yang sudah ditentukan. Langsung diadakan FGD versi kecil (Forum Group Discussion) dengan staff Tokopedia. Di grup ini membahas tentang apa saja keluhan-keluhan bisnis online, bagaimana cara bisnis di Tokopedia, keluhan transaksi di Tokopedia, dan sebagainya. Tapi yang saya suka, staffnya ganteng-ganteng, cantik-cantik, dan ramah-ramah lagi! hahaha soalnya saya dapat mentor yang ganteng hehehehe
yang dapat saya ambil, Tokopedia sangat concern untuk Mengubah Indonesia Lebih Baik melalui Internet (itu tujuan pembuatan Tokopedia keless -_-). Mereka mengajak anak muda untuk mulai bisnis online dan tentunya pake Tokopedia karena dia memberikan banyak kemudahan bagi pebisnis pemula. Ah jadi pengen bisnis di Tokopedia hehe
Sangat berkesan! Makasih buat Tokopedia yang mau dateng ke kampus saya, bela-belain kesini untuk memberikan ilmu yang gak bisa dapet dari dosen. Hehehe Follow twitternya @tokopedia bagi kamu yang kepo-kepo buat bisnis disini.
Udah ya, Assalamu Alaikum
No comments:
Post a Comment