Assalamu Alaikum
Seminggu yang lalu, gue nulis tentang pengertian citra dan reputasi juga perbedaan diantara keduanya. Nah! sekarang gue mau jelasin tentang Macam-macam Citra
Menurut Frank Jefkin, Macam-macam Citra ada enam yaitu:
1. CITRA CERMIN (MIRROR IMAGE)
• Kesan yang diyakini oleh perusahaan –para pimpinan- terhadap
organisasinya secara sepihak tanpa mengacuhkan kesan dari luar.
Cenderung selalu merasa dalam posisi baik padahal jauh dari kenyataan,
khususnya setelah dilakukan studi.
2. CITRA KINI (CURRENT IMAGE)
– Kesan yang diperoleh dari orang lain tentang perusahaan/organisasi atau hal lain yang berkaitan dengan produknya.
– Kesan yang senyatanya terjadi terhadap perusahaan berdasarkan kesan dari publik eksternalnya.
3. CITRA KEINGINAN (WISH IMAGE)
– Kesan yang memang diharapkan terjadi oleh perusahaan, atau seperti apa
yang diinginkan dan dicapai oleh pihak manajemen terhadap
lembaga/perusahaan, atau produk yang ditampilkan tsb lebih dikenal (good
awareness), menyenangkan dan diterima dg kesan yg selalu positif
diberikan (take and give) oleh publiknya.
4. CITRA PERUSAHAAN (CORPORATE IMAGE)
– Kesan yang berkaitan dengan sosok perusahaan sebagai tujuan utamanya
sehingga bisa diterima oleh publiknya, mis : tentang sejarahnya,
kualitas layanan, keberhasilan, tanggung jawab sosial (social care).
5. CITRA SERBANEKA (MULTIPLE IMAGE)
– Kesan yang berkaitan dengan segala aspek untuk lebih mengenalkan
(awareness) terhadap identitas perusahaan. spt : atribut logo, brand’s
name, seragam (uniform) para front liner, sosok gedung, dekorasi lobby
kantor, penampilan para profesionalnya.
6. CITRA PENAMPILAN (PERFORMANCE IMAGE)
– Kesan yang lebih ditujukan kepada subjeknya, bagaimana kinerja /
penampilan diri (performance image) para profesional
perusahaan/organisasi yang serba menyenangkan dan selalu baik. mis :
dalam memberikan pelayanan, menerima telpon, menyambut tamu/pelanggan.
Itu aja yang bisa gue kasih, semoga bermanfaat yaa :)
Assalamu Alaikum wr wb
Sumber: http://muwafikcenter.blogspot.co.id/2009/10/psc6-citra-reputasi.html yang diakses pada tanggal 02 Oktober 2015
No comments:
Post a Comment