Assalamu Alaikum
Apa kabar? Semoga kalian diberikan perlindungan,
kesehatan, dan keselamatan oleh Allah SWT aamiin.
Pernah gak kalian lagi jalan-jalan di mall atau di
taman lalu dikasih selembaran brosur dari mas-mas sales? Pernah juga ngaak lagi
naik motor ngeliat spanduk tentang konser misalnya? Atau pernah liat kolom
lowongan kerja di koran? Semua ini merupakan kegiatan promosi yaitu menawarkan
suatu produk berupa jasa atau barang. Tetapi masih digunakan walaupun caranya
sudah jadul atau konvensional. Dengan perkembangan internet yang sangat pesat,
cara berpromosinya berpindah dari konvensional menjadi digital itulah disebut
“Pemasaran Media Baru”. Media Baru Dimaknai sebagai penggunaan teknologi digital untuk
mencapai tujuan pemasaran, termasuk upaya-upaya pengembangan atau penyesuaian
konsep pemasaran itu sendiri, berkomunikasi dalam jaringan global, dan mengubah
cara perusahaan melakukan bisnis dengan pelanggan. Seperti
contoh: kamu punya online shop di salah satu sosmed pastinya akan memasarkan produk
ke sosmed dong, berarti kamu telah menggunakan media baru itu.
Seperti apa sih Media Baru itu? Contohnya Social
media yang selalu kamu pakai kapanpun dan dimanapun seperti Twitter, Instagram,
Path, ask.fm, facebook, kaskus dan sebagainya.
Dampak postitif yang dirasakan oleh perusahaan ada
dua:
1. Meningkatkan
kinerja perusahaan
Produk barang :
Meningkatkan penjualan,
market share, profitabilitas dan return on investment perusahaan
Mengurangi biaya (lebih
efisien) dan dapat melakukan berbagai kegiatan pemasaran dalam waktu singkat
(lebih efektif)
Meningkatkan profil
organisasi yang memungkinkan marketer untuk meraih pelanggan yang sebelumnya
diluar jangkauan marketer
•
Industri
keuangan
Online perbankan menarik
bagi pelanggan karena lebih cepat dan lebih nyaman daripada mengunjungi cabang
bank
•
Pelelangan
online
Lelang via internet
menjadi bisnis multi-miliar dolar,item unik yang sebelumnya hanya bisa
ditemukan dipasar loak kini dijual disitus lelang internet seperti e-bay
•
Industri
periklanan
Iklan online tumbuh
menjadi puluhan miliaran dolar setiap tahun, dan biaya pemasaran online tidak
kurang dari US $ 16.900.000.000/tahun
2. Meningkatkan
kinerja marketing
-
Pasar,
mampu meningkatkan jumlah besar konsumen (dalam waktu yang lebih cepat); dapat
menjadikan pasar lebih desentralisasi, semua layanan online menawarkan akses
web untuk pelanggan - Hubungan, membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan (dalam tiga tahapan: awareness,exploration,dan commitmen). Program digital marketing yang berhasil apabila mampu mengarahkan pelanggan sampai pada tahap komitmen.
- Pertukaran , dalam digital marketing pertukaran tidak hanya terjadi di dalam dunia online namun berdampak pada pertukaran secara ofline
- Kepuasan, pemenuhan kepuasan kebutuhan pelanggan dan perusahaan dari segi perusahaan yang menggunakan digital marketing dapat mencapai tujuan perusahaan
- Layanan, dapat menyajikan konteks lebih luas, relevan dengan line layanan, terutama ketika perusahaan berfungsi sebagai penyedia produk atau jasa melalui layanan internet
- Saluran , dapat menyediakan saluran pemasaran yang efisien untuk iklan , bahkan dapat melakukan distribusi barang dan jasa tertentu secara langsung
- Biaya, dapat memangkas ¾ biaya pemaran melalui internet dibanding pemasaran konvensional, biaya pengolahan, penyimpanan dan pemeliharaan katalog online hanya sekitar 25% dan mengurangi siklus waktu sampai 62%
- Informasi, meningkatkan kemampuan untuk meng-update informasi individual, tingkat personalisasi, informasi komunitas, jenis transmisi informasi dan pengelolaan informasi pelanggan.
Semoga Bermanfaat :)
Assalamu Alaikum
Sumber: Powerpoint Mata Kuliah "Pemasaran Media Baru" Kalbis Institute
#KALBISFORFUTURE
Tugas 2 Mata Kuliah Pemasaran Media Baru
No comments:
Post a Comment